Rabu, 18 Januari 2012

Listening and Speaking Skill


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                       Sekolah              : SMA Merah Putih
                                       Kelas/Semester   : XII/I
                                    Topic                 : - Giving and Asking suggestion                                        
                                     Skill                   :  Listening dan Speaking
                                       Alokasi Waktu    : Ix45 Menit

I.Standar Kompetensi
 Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional resmi dan percakapan  berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan mengakses ilmu pengetahuan.
II. Kompetensi Dasar
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur.
III. Indikator
-          Mengidentifikasi ungkapan Asking and giving suggestion
-          Memberikan meminta dan memberikan saran dengan menggunakan ungkapan asking and giving suggestion    
-          Merespon ungkapan asking and giving  suggestion
-          Memahami isi dialog

VI. Tujuan Pembelajaran
-          Siswa dapat menyebutkan  ungkapan Suggestion 
-          Siswa dapat meminta saran dengan menggunakan ungkapan  asking suggestion
-          Siswa dapat memberikan saran dengan menggunakan ungkapan giving suggestion
-          Siswa dapat merespon ungkapan dari asking and giving suggestion
-          Siswa dapat memahami isi dialog

VI.  Metode : Cooperative learning ( three steps interview)


VII. Langkah-langkah Kegiatan
A.    Kegiatan Awal  (5 menit)
-           Siswa ditunjukkan  beberapa gambar tentang permasalahan yang membutuhkan suggestion 
-          Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan secara lisan berdasarkan penggunaan gambar.
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran.

B.     Kegiatan Inti  (25 menit)
Eksplorasi
-          Siswa ditanyakan tentang definisi  dan ungkapan –ungkapan yang digunakan dalam Asking and Giving Suggestion
-          Siswa diberikan penjelasan tentang Asking , Giving Suggestion ,how to  respond
Them dan cara mengungkapkannya
-          Siswa diperdengarkan dialog tentang Asking and Giving Suggestion
-          Siswa ditanyakan tentang isi dari dialog tersebut.
-          Siswa ditunjukkan text dari dialog tersebut.
-          Siswa mengidentifikasi kalimat-kalimat ungkapan  Asking and Giving Suggestion dari text.

Elaborasi
-           Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari empat orang.
 -     Setiap anggota kelompok diberi nama A,B,C,dan D
-           Siswa diberikan topic yang berbeda
-           Siswa A menginterview B dan siswa C menginterviw siswa D begitupula sebaliknya .
-           Siswa melakukan Round robin, salah satu anggota kelompok Share informasi yang telah didapat.
-          Siswa diperdengarkan dialog tentang What Should I do kemudian  diminta untuk  mengerjakan latihan yang diberikan

Konfirmasi
-          Siswa diberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi melalui berbagai sumber.
-          Siswa diberikan feedback dan reinforcement baik lisan maupun non lisan atas keberhasilannya.

C.    Kegiatan Akhir ( 10 menit)
-          Tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
-          Menanyakan kesulitan siswa dalam mempelajari asking and giving suggestion
-          Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
-          Memberikan  pengayaan





VIII. Alat dan Sumber belajar
·  Students book conversation in English.
·  Gambar.
·  Record of conversation about asking and giving suggestion.

IX. Penilaian
Indikator pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrument
Instrument/soal
1.    Menggunakan Expression of Asking and Giving Suggestion



2.      Mengetahui  isi dialog
Performance









tertulis
Discuss the topic with the group







Pilihan ganda (multiple choice)
Discuss the topic with  your group using  Expression of Asking and Giving Suggestion



-          Listen the dialogue carefully and choose the best answer
-          .Listen to the dialogue and tick the expression that you hear





















a.    Instrument :
Listen the dialogue carefully and choose the best answer!
b.   Pedoman penilaian
Nilai maksimal 10
Jumlah benar bagian I + bagian  II
                                  5 + 5 = 10                         
    

Rubrik penilaian
Element
Score
-          Comprehension
-          Pronunciation


50
50


       Mengetahui                                                                          Bogor, 5  Desember  2012

     Kepala Sekolah                                                                              Guru bahasa Inggris




  (Dwi Aprilia S.pd)                                                                              (Suceu Wulandari)





















Transcript of Dialogue I
Susan   : Hi… marsha how are you today?
Marsha: I’m pretty upset today, I  got D for my speaking   test, Do you have any suggestion for me?
Susan   :Mmmm….. I suggest that you should joint to conversation club in order to improve your
             Speaking ability
Marsh  : that’s a brilliant Idea.I’ll try it thanks


Transcript of Dialogue II

Direction : Listen the dialogue carefully and choose the best answer!

                                          At the office
Tania         :Hi, Margareth. This is Tania again. Can you spare me a couple of minutes ?
Margareth : Yeah I’m free till 1:30meeting . What’s up?
Tania        :,Is it ok for me to give a present to my Japanese business counterparts?
                  I’m planning to bring something from Indonesia.
Margareth: That’s great Idea .Giving gift is important part of Japanese business etiquette. You    
                   Should present gift with both hands .
Tania        : OK. What should I give them? What kind of gifts would be appreciated?
Margareth: You can give them something like silver cuff links, pen or pencil sets     or branded batik ties.
Tania         : Should I wrap them or just put them in the bag?
Margareth : You  should wrap the gift . but don’t use white paper as it symbolizes death.
Tania         : Ok .. forget white paper.
Margareth  : When you receive a gift ,don’t open it in front of the person who gave you it to    you or it could be embarrassing for him or her.
Tania          : I ‘ll remember that . thank you for all the information.
Margareth  : With my pleasure, bye.
Tania          : bye











Name  :
Class   :
Subject:

I.Listen to the dialogue and tick the expression that you hear.
 Ex:              If I were you I wouldn’t                                 I’ll remember that.      
            
             Is it Ok for me to give                                     you should present
                       
              My reaction would be                                      What should I give

             It’s better for you                                              should I wrap them
                                                                     
                What should I do with it?                              don’t use white paper

.                                              
Part II

Listen the dialogue carefully and choose the best answer!
1.    How many persons are there in the dialogue?
a.four  persons                              c. five  persons
b.three Persons                             d. two persons
2.What time does Margareth have a meeting ?
    a.2:30                                           c.1:30
    b.1:20                                           d.1:35
3. who is Tania’s friend ?
    a. Yoshi                                          c. Tomy
    b. Margareth                                  d. shally     
4..Why shouldn’t Tania  wrap the gift with white paper ?
    a. because it  symbolizes death
    b. because  it symbolizes sadness
    c. because it symbolizes angry
    d. because it symbolizes the happiness
5. what does the dialogue take a place?
     a. at the office                       c. at the Library
     b. at home                             d. at the restaurant






Kriteria Penilaian Kelompok


1.      Produk (hasil diskusi)

No
Aspek
Criteria
Skor

1.
Konsep
*semua benar
*sebagian besar benar
*sebagian kecil benar
*semua salah
4
3
2
1



2.      performasi
No
Aspek
Kriteria
Skor
1


2.
Kerja sama


Partisipasi
*bekerjasama
*kadang-kadang kerjasama
*tidak bekerjasama
*aktif berpatisipasi
*kadang-kadang aktif
*tidak aktif
4
2
1
4
2
1



3.      Lembar Penilaian

No
Nama siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.






2.






3.






4.






5.






6.








Catatan
Nilai  = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10







0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates